< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />

Sempat error, OJK tagih laporan dari Bank Mandiri

Kontan ·

ILUSTRASI. Bank Mandiri

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus memonitor upaya mitigasi yang dilakukan oleh Bank Mandiri dalam mengatasi permasalahan teknologi informasi yang sempat mengalami error, Sabtu (20/7) kemarin.

Wasit industri jasa keuangan ini menyebut perbankan harus memiliki dan menerapkan standar operasional yang baik, jika gangguan sistem terjadi. Di mana pihak bank harus memprioritaskan aspek perlindungan konsumen terkait dengan hak nasabah termasuk pemulihan layanannya. 

Baca Juga

"OJK meminta Bank Mandiri untuk segera melaporkan permasalahan yang terjadi dan langkah-langkah yang akan mereka lakukan agar kejadian serupa tidak terulang lagi di kemudian hari," ujar Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Manajemen Strategis OJK Anto Prabowo dalam keterangan tertulis, Minggu (21/7).

Ia melanjutkan, pada saat ini yang terpenting adalah pelayanan sudah kembali normal dan mereka juga telah menjamin keamanan dana nasabah, sehingga tidak ada nasabah yang terkurangi haknya.

Permasalahan yang telah terjadi ini, lanjut Anto, penting untuk menjadi perhatian industri perbankan. OJK meminta semua bank untuk terus melakukan review fungsi IT yang dimiliki secara berkala dalam rangka menegakkan tata kelola manajemen resiko operasional yang prudent dan berjalan dengan baik. 

Hal ini merupakan bentuk upaya peningkatan pelayanan perbankan ke depannya dan mencegah agar permasalahan ini tidak terulang lagi ke depannya.


Reporter: Tendi Mahadi
Editor: Tendi

Video Pilihan

Powered by Baca