< img src="https://d5nxst8fruw4z.cloudfront.net/atrk.gif?account=Uueio1IWNa10zM" style="display:none" height="1" width="1" alt="" />

Travelling Hemat ! 10 Tempat Wisata Gratis di Korea Selatan

K-STAR NEWS ·

Korea Selatan kini menjelma jadi salah satu negara terfavorit wisatawan dunia untuk liburan karena memiliki banyak destinasi wisata menarik untuk dikunjungi. Demam KPop, drama Korea dan budaya Korea juga membuat negara ini menjadi negara yang populer di Asia. Buat kamu yang suka dengan hal-hal berbau Korea, tentu gak mau dong melewatkan kesempatan menghabiskan momen liburan di sana.

Nah, buat kamu yang budgetnya pas-pasan banget, jangan khawatir. Kamu tetap bisa menikmati liburan di Negeri Ginseng lho. Berikut ini ada 10 tempat wisata gratis di Korea Selatan yang bisa kamu kunjungi.

1. Cheonggyecheon Stream

Cheonggyecheon Stream ini adalah sebuah aliran kali yang terletak di pusat kota. Lokasinya tidak jauh dari Gwanghwamun Square. Di kedua sisi sungai ini terdapat trotoar pejalan kaki yang didesain begitu cantik.

Selain itu ada beberapa tempat yang menarik di sepanjang Cheonggyecheon Steam, diantaranya seperti Stepping Block, Wall of Hope, dan Mojeonggyo Bridge. Kamu bisa duduk-duduk di tepi sungai sambil bersantai merendam kaki menikmati sejuknya air sungai atau berjalan menyusuri aliran sungai sambil mengobrol santai.

Di malam hari Cheonggyecheon Stream ini menjelma menjadi tempat yang sangat romantis. Di sekelilingnya dihiasi cahaya lampu kota yang berwarna-warni. Kamu tahu gak, di Cheonggyecheon Stream ini populer sebagai tempat untuk melamar pasangan lho. Wah, romantis banget ya.

2. Han Gang River (Sungai Han)

Sungai Han memiliki panjang 514 km dan bermuara di Laut Kuning. Sungai ini terbentang di sepanjang Kota Seoul. Di sepanjang sungai ini terdapat banyak jembatan dan taman-taman cantik di setiap wilayah yang dilewati sungai ini. Taman-taman ini umumnya bisa diakses dengan gratis.

Bersantai di sekitar Sungai Han banyak digemari penduduk sekitar dan juga turis. Salah satu jembatan terkenal yang melintasi sungai Han ini adalah Banpo Bridge. Jembatan ini menghubungkan utara dan selatan kota Seoul.

Atraksi menarik di sekitar jembatan ini adalah Rainbow Fountain yang merupakan pertunjukan air mancur warna-warni. Pertunjukan gratis ini bisa dinikmati setiap malam pukul 8 malam dengan durasi show selama 15 menit.

3. Namsan Park

Namsan Park merupakan taman kota terbesar di Seoul. Taman ini didesain dengan berbagai jenis bunga dan pepohonan yang membuat taman ini adem, dan cocok untuk kamu yang mau bersantai sambil foto-foto. Taman ini juga biasanya menjadi tempat transit bagi orang-orang yang ingin mendaki Gunung Nam.

Di malam hari kamu bisa melihat pemandangan lampu warna warni yang menghiasi kota Seoul yang cantik.

4. Namsan Seoul Tower

Namsan Seoul Tower ini jadi destinasi wisata romantis di Korea Selatan. Tempat ini sering dijadikan sebagai lokasi syuting drama-drama romantis seperti Boys Before Flower, City Hunter, dan Princess Hours.

Hal lain yang membuat Namsan Seoul Tower populer adalah mitos tentang gembok cinta. Katanya nih pasangan yang menuliskan nama mereka berdua di gembok yang telah dikunci di puncak menara, cintanya akan abadi selamanya.

Kalau kamu berlibur kesana bareng pasangan kamu, tempat ini jadi tempat yang wajib banget kamu kunjungi nih. Jangan lupa bawa gembok ya.

 5. Seoullo 7017

Seoullo 7017 adalah sebuah destinasi terbaru dari Korea Selatan berupa jembatan yang melalui proses peremajaan menjadi sebuah taman kota sepanjang 1.024 km yang didedikasikan untuk pejalan kaki, diresmikan pada 20 Mei 2017. Saat ini, Seoullo 7017 juga berperan menghubungkan tempat-tempat wisata terdekat seperti Gerbang Sungnyemun, Myeong-dong, dan Pasar Namdaemun.

Taman di atas Seoullo 7017 ini di desain begitu cantik dan nyaman bagi pejalan kaki. Terdapat sekitar 228 spesies bunga dan 24.000 tanaman yang ditanam di sepanjang Seoullo 7017 ini. Kamu bisa mengunjungi ikon wisata Seoul ini secara gratis. Banyak spot foto menarik dan instagramable lho disini, sayang banget buat dilewatin.

6. Istana Deoksugung

Awalnya, Deoksugung bukanlah merupakan sebuah istana. Akibat Perang Imjin, semua istana di Korea mengalami kerusakan yang sangat parah. Ketika Raja Seonjo, raja keempat dari Dinasti Jeoseon kembali ke Seoul, istana utama Gyeongbokgung telah dibakar.

Istana lainnya juga mengalami kerusakan yang parah. Akhirnya istana dipilih dari rumah-rumah keluarga pihak kerajaan. Inilah asal muasal sejarah Istana Deoksugung. Istana ini diresmikan oleh Raja Gwanghaegun, raja kelima belas dari dinasti Jeoseon dan diberi nama Istana Gyeongungung.

Di tahun 1987, raja ke-26 dari Dinasti Jeoseon yang dikenal dengan nama Emperor Gojong tinggal dan melakukan ekspansi di istana cantik ini dengan membangun beragam bangunan modern seperti Hall Seokjojeon. Sepuluh tahun kemudian, nama istana ini berganti menjadi Istana Deoksugung.

Untuk masuk ke dalam istana ini memang dikenakan biaya, namun ada hal menarik yang bisa kamu nikmati secara gratis, yaitu upacara pergantian penjaga yang diadakan di depan istana setiap hari pukul 11.00, 14.00, dan 15.30. Acara ini lumayan meriah dan menarik untuk dilihat serta berlangsung selama 30 menit per sesinya. Kamu juga bisa memakai pakaian tradisional Hanbok untuk berfoto lho!

7. Bukchon Hanok Village

Bukchon Hanok Village merupakan kawasan perumahan Hanok yaitu rumah tradisional yang sama seperti yang ada di era Dinasti Joseon. Kawasan ini terletak di antara Gyeongbokgung, Changdeokgung dan Jongmyo Shrine. Rumah Hanok disini masih terjaga keasliannya dan menjadi pusat budaya bagi wisatawan yang ingin mengenal budaya Korea lebih dalam.

Kamu bisa berkunjung ke kawasan ini secara gratis dan berfoto dengan latar rumah Hanok yang keren. Sedikit saran nih, kalau kamu mau kesini lebih baik pakai sepatu/sandal flat, atau sneakers ya karena disini kamu akan banyak berjalan kaki.

8. Namsangol Hanok Village

Namsangol Hanok Village terletak di sekitar Gunung Nam. Disini kamu bisa melihat rumah tradisional Korea di masa Dinasti Joseon lengkap dengan propertinya. Ada ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga hingga dapur yang dilengkapi dengan properti seperti aslinya.

Namsangol Hanok Village ini gratis untuk kamu kunjungi, tapi kalau kamu ingin memakai Hanbok sambil berfoto di rumah tadisional, kamu harus membayar biaya sewa 5.000 won. Di tempat ini kamu juga bisa mencoba aneka permainan tradisional Korea, seperti Tuho yakni melempar panah ke wadah yang disediakan.

9. K-Star Road

K-Star Road ini terletak di kawasan Gangnam. Tempat yang satu ini adalah surga bagi KPop lovers karena di sepanjang jalan ini terdapat banyak Gangnam Doll dari berbagai KPop grup terkenal seperti EXO, BTS, TVXQ dan lainnya. Di area ini juga ada 4 agensi besar di Korea yaitu SM Entertainment, JYP Entertainment, Cube Entertainment dan FNC Entertainment.

Kalo kamu beruntung, mungkin kamu bisa ketemu dengan artis KPop di sekitaran Gangnam yang merupakan salah satu kawasan high-class di Seoul.

10. Ewha Women University

Ewha Women University aslinya bukanlah tempat wisata, tapi karena kampus ini memiliki desain yang artistik akhirnya banyak wisatawan yang datang dan berfoto-foto disini. Di sekitar area kampus juga terdapat banyak toko kosmetik, baju, tas dan fashion item lainnya.

Disini juga banyak toko yang sering membagikan sample kosmetik secara gratis. Asyik banget kan? Selain destinasi wisata yang udah disebutin di atas, sebenarnya masih banyak lagi tempat-tempat menarik yang bisa kamu kunjungi dengan gratis di Korea.

Seperti Kawasan Hongdae, disini kamu bisa merasakan suasana malam khas Seoul, wisata kuliner hingga wisata belanja. Atau Pasar Malam Dongdaemun, Insadong, Namdemun, dan Myeongdong.

Nah, gimana? Sudah siap untuk liburan ke Korea Selatan? Dengan budget pas-pasan kamu tetap bisa kan liburan dengan happy disana. Jangan lupa untuk foto-foto ya, karena banyak banget tempat menarik disana yang pastinya bikin kamu pengen selfie terus.

Powered by Baca